Ketua STTN-BATAN: Jadilah Agen yang Baik dan Benar untuk Pemanfaatan Iptek Nuklir

Yogyakarta (12/09/2012) "Saya berharap bahwa kelulusan Saudara sebagai Sarjana Sains Terapan di bidang nuklir, dapat menjawab tantangan bangsa, yaitu Saudara dapat berperan dalam pemanfaatan iptek nuklir, karena di depan Saudara terbentang luas kesempatan untuk berkiprah dalam bidang pangan, kesehatan, lingkungan hidup, energi, industri, dsb", demikian sambutan dari Kepala BATAN yang disampaikan oleh Sekretaris Utama BATAN, Dr. Taswanda Taryo, M.Eng, pada acara Wisuda Sarjana Sains Terapan Sekolah Tinggi Teknologi Nasional (STTN) BATAN Tahun 2012, di Hotel Merapi Merbabu Yogyakarta, Selasa 12/09/2012. Dihadiri eselon I dan II BATAN, BAPETEN dan orang tua para mahasiswa yang di wisuda.

Sebanyak 75 orang mahasiswa program Diploma IV STTN-BATAN yang di wisuda terdiri dari 25 orang program studi (prodi) Teknokimia Nuklir, 26 orang prodi Elektronika Instrumentasi, dan 24 orang prodi Elektromekanik. Dari 75 wisudawan telah dihasilkan 25 orang dengan predikat cumlaude, dengan prestasi tertinggi diraih oleh Catur Wulandari dari prodi Elektronika Instrumentasi dengan IPK 3,87.

Adapun wisudawan yang telah mendapatkan pekerjaan sebanyak 15 orang, di terima di perusahaan swasta-asing masing-masing di PT. Pama Persada Nusantara (ASTRA) Jakarta, PT. Gudang Garam Kediri, PT. Kobexindo Tractors Tbk Jakarta, PT. Akebono Brake ASTRA Indonesia Jakarta, PT. Alfitra Nugraha Mandiri Cilegon Banten, PT. Mega Surya Eratama Mojokerto Jatim, PT. Spektra Megah Semesta Jakarta, PT. Mitsubishi,Jakarta, PT. Scientek Computindo Jakarta, dan PT. Hi Tek Indo Mulia Riau.

"Peluang kerja harus diciptakan bukan kita yang mengikuti atau mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kita. Oleh karena itu, Saudara saya ajak untuk menjadi juru bicara tentang peranan iptek nuklir di Indonesia", kata Kepala BATAN.

Ketua STTN Dr. Sutomo Budihardjo, M.Eng berpesan,"agar senantiasa menjaga nama baik almamater Saudara, sebarkan nama harum STTN kepada masyarakat. Kiranya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan STTN-BATAN. Jadilah agen yang baik dan benar untuk pemanfaatan iptek nuklir pada umumnya dan PLTN pada khususnya".

Diserahkan pula Surat Ijin Bekerja Petugas Proteksi Radiasi (SIB PPR), dan peresmian penerimaan mahasiswa baru tahun 2012 secara simbolis, dengan memakaikan jaket almamater oleh Sestama BATAN kepada perwakilan mahasiswa dari Fakfak Papua. Wisudawan yang berasal dari mahasiswa reguler 97% telah memiliki SIB PPR yang berlaku selama 3 tahun untuk industri tingkat I, dan 4 tahun untuk industri tingkat II, dan dapat diperpanjang dengan prosedur tertentu. Penyerahan SIB PPR diberikan oleh perwakilan dari BAPETEN secara simbolis.

Pada tahun ajaran baru 2012/2013 STTN menerima mahasiswa baru sebanyak 83 orang terdiri dari mahasiswa umum hasil program unggulan, dan tes tertulis sebanyak 70 orang. Mahasiswa beasiswa tugas belajar STTN-BATAN 7 orang, dan mahasiswa PDIN-BATAN 6 orang (khusus untuk mahasiswa Bangka Belitung). Komposisi asal usul mahasiswa STTN semakin merata di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. (NS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 116 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: